HUDA, MIFTAHUL (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI TIPE ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (81kB) |
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (233kB) |
|
Text
3. Surat Keterangan Revisi.pdf Download (681kB) |
|
Text
4. Lembar Pernyataan.pdf Download (41kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (6kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (118kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (48kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (27kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (28kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (30kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (72kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (523kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (236kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
18. Riwayat Hidup Penulis.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal geometri tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes gaya kognitif, tes soal geometri, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes GEFT dan tes geometri tipe AKM. Penelitian bertempat di SMPIT Ibadurrohman Kota Tasikmalaya, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang memiliki gaya kognitif konsisten dalam tes GEFT dan melakukan kesalahan berbeda dalam tes soal geometri menurut tahapan Newman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa subjek Field Dependen melakukan kesalahan pada semua tahapan yaitu: tahap membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Faktor penyebabnya adalah subjek terburu-buru, tidak memahami langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal, tidak teliti dalam memahami soal, membutuhkan instruksi yang lebih jelas, dan tidak terbiasa melakukan pemeriksaan kembali jawaban. Sedangkan subjek Field Independen melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban. Faktor penyebabnya adalah subjek tidak terbiasa melakukan operasi hitung dengan angka yang lebih kompleks dan kesalahan pada tahap sebelumnya. Kata Kunci: Kesalahan Newman, Geometri, AKM, Gaya Kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 04:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 04:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11864 |
Actions (login required)
View Item |