Herlanda, Devi Tri (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (184kB) |
|
Text
3 SURAT KETERANGAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (121kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (50kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (74kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (208kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (102kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir visual peserta didik ditinjau dari gaya kognitif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data berupa tes berpikir visual, tes GEFT, dan wawancara. Subjek penelitian dipilih dari kelas VIII B SMPN 6 Tasikmalaya yang berjumlah 4 peserta didik. Penentuan subjek penelitian ini dipilih melalui tes kemampuan berpikir visual subjek yang dapat menjawab soal sampai tuntas dan tanpa melihat jawaban benar atau salah atau memenuhi indikator kemampuan berpikir visual, serta mengerjakan GEFT untuk mengetahui kategori gaya kognitif field dependent (FD) atau field independent (FI) yang dimiliki peserta didik dan berdasarkan hasil wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: S Peserta didik dengan gaya kognitif field independent (FI) S-4 dan S-9 memenuhi keempat indikator kemampuan berpikir visual, subjek FI pada indikator imagining dapat memproses informasi verbal yang didapat kedalam bentuk visual yang jelas dengan menambahkan keterangan dan ukuran pada gambar yang dibuatnya, subjek FI dalam memperlihatkan dan menjelaskan mengenai solusi yang diperoleh, FI menentukan cara yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan pada soal dengan melihat permasalahan pada gambar yang dibuatnya walaupun hasil yang diperoleh belum benar. Peserta didik dengan gaya kognitif field dependent (FD) S-19 memenuhi keempat indikator kemampuan berpikir visual, pada saat menuliskan hal yang diketahui pada soal FD menuliskan secara informasi secara keseluruhan dengan menuliskan ulang seperti pada soal, pada saat memproses informasi verbal yang didapat kedalam bentuk visual FD tidak menggambarkannya dengan rinci karena hanya menambahkan keterangan dan tidak memasukkan ukuran panjang dan lebar yang ada pada soal, selain itu dalam menentukan cara yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan FD melihat dari informasi soal bukan dari gambar yang dibuatnya dan hasil yang diperoleh belum benar. Kata kunci: Analisis, Berpikir Visual, Gaya Kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 01:58 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 01:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11840 |
Actions (login required)
View Item |