Rahayu, Indira Putri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENULIS TEKS DESKRIPSI (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (31kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (87kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (214kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (101kB) |
|
Text
6 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (132kB) |
|
Text
7 BAB II KAJIAN TEORETIS.pdf Download (219kB) |
|
Text
8 BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (202kB) |
|
Text
9 BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
12 LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
|
Text
11 DAFTAR PUSTAKA - RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
Abstract
Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menulis teks deskripsi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII pada pelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2013. Kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu dalam pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi sebanyak 18 orang (56%) telah mencapai KKM dan 14 orang (44%) belum mencapai KKM. Pada pembelajaran menulis teks deskripsi sebanyak 14 orang (44%) telah mencapai KKM dan 18 orang (56%) belum mencapai KKM. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan keterampilan yakni menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menulis teks deskripsi sebanyak 32 orang (100%) telah mencapai KKM yang sudah ditentukan yaitu 74. Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menulis teks deskripsi pada siklus kesatu dan siklus kedua berdistribusi tidak normal. Penulis menghitung uji beda menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel (126,2) dalam taraf signifikansi (0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menulis teks deskripsi pada Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 01:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 01:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11834 |
Actions (login required)
View Item |