PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONTRUKSI CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Gaza Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Ramdani, Ari (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONTRUKSI CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Gaza Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
3. LEMBARAN PERNYATAAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (204kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (152kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengontruksi sebuah cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas XI berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Walaupun demikian, pada kenyataanya peserta didik kelas XI IPS SMA Gaza Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Jigsaw meningkatkan kemampuan menganalisis dan mengonstruksi unsur-unsur pembangun teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI IPS SMA Gaza Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran KD 3.9, terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 16 orang (64%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 9 orang (36%). Pada pembelajaran KD 4.9, terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 19 orang (76%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 6 orang (24%). Pada siklus kedua hasil pada KD 3.9 menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dan KD 4.9 mengonstruksi teks cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerita pendek 100% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil Uji t menunjukkan bahwa t (hitung) > t (tabel). Artinya, model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengontruksi sebuah cerita pendek pada peserta didik kelas XI IPS SMA Gaza Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:28
Last Modified: 26 Jan 2024 06:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11796

Actions (login required)

View Item View Item