ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN FIVE-TIER DIAGNOSTIC TEST (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas XI MIPA SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2022/2023)

NADA, NIDA QOTHRUN (2023) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN FIVE-TIER DIAGNOSTIC TEST (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas XI MIPA SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (119kB)
[img] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (460kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (524kB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Biologi memiliki materi atau konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan merupakan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, sehingga peserta didik harus memahami dan menerapkannya dengan benar. Namun banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep bahkan mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi perlu diidentifikasi dan dianalisis karena dapat mempengaruhi dalam memahami konsep yang lainnya Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik pada materi sistem pencernaan. Sumber data penelitian adalah kelas XI-MIPA 1 dan XI-MIPA 3 Manonjaya yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa five-tier diagnostic test. Penelitian terhadap 57 orang subyek menunjukkan persentase miskonsepsi peserta didik sebesar 15,70%, tersebar dalam lima kategori sumber miskonsepsi, diantaranya 0,65% bersumber dari buku (MC-B), 2,58% bersumber dari guru (MC�T), 8,22% bersumber dari pemikiran pribadi, 0,74% bersumber dari penjelasan orang lain (MC-OP), 3,51% bersumber dari internet (MC-I). sumber miskonsepsi yang memiliki kontribusi paling besar adalah pemikiran pribadi peserta didik. Miskonsepsi peserta didik pada materi sistem pencernaan di kelas XI-MIPA 1 dan XI-MIPA 3 tergolong rendah dan sumber miskonsepsi terbesar adalah pemikiran pribadi peserta didik. Dengan demikian agar peserta didik dapat menghindari miskonsepsi pada pembelajaran, maka peserta didik perlu mengkomunikasikan pemahamannya dengan guru, melatih pemikiran kritis, menggunakan internet dengan memperhatikan sumber yang digunakan. Kata Kunci: Five-tier Diagnostic Test; Miskonsepsi; Sistem Pencernaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:39
Last Modified: 26 Jan 2024 03:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11791

Actions (login required)

View Item View Item