ANALISIS KEEFEKTIFAN PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE BERBASIS QUIPPER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

MUNAWAROH, SITI (2023) ANALISIS KEEFEKTIFAN PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE BERBASIS QUIPPER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
LEMBARAN PENGESAHAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text
PERYATAAN.pdf

Download (370kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7.BAB 2.pdf

Download (416kB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan proses pembelajaran menggunakan media online berbasis Quipper terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA dan dipilih sampel sebanyak satu kelas menggunakan purposive sampling dan yang diambil dalam penelitian yaitu kelas X MIPA 2 yang berjumlah 35 peserta. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal pretest dan posttest yang terdiri dari 41 soal dan wawancara yang meliputi 4 aspek, diantaranya: aspek kemudahan dalam mengakses, komunikasi dan interaksi, kepuasan siswa, dan kegunaannya. Data dianalisis menggunakan analisis statistik uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis, serta uji Anova sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian media Online berbasis Quipper School efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem dengan besaran keefektifannya yaitu sebesar 2,54 termasuk ke dalam kategori tinggi. Kata kunci: Keefektifan proses pembelajaran, Quipper School, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:53
Last Modified: 25 Jan 2024 02:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11738

Actions (login required)

View Item View Item