Permatasari, Intan (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI DAN STRUKTUR SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII-B Semester Ganjil SMP Negeri 1 Tasikmalaya Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (420kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (378kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (378kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (381kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (386kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (387kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (380kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (377kB) |
|
Text
9. DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (377kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (379kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (525kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (557kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (531kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
Abstract
Menganalisis isi dan struktur teks eksposisi serta menyajikan teks eksposisi dengan memperhatikan isi, struktur, dan kebahasaan merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII. Untuk memenuhi tuntutan kurikulum tersebut, guru harus memberikan pembelajaran yang efektif, salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menelaah isi dan struktur teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyajikan gagasan, pendapat dalam bentuk teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpuan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 dalam menelaah isi dan struktur serta menyajikan teks eksposisi. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus kesatu dan siklus kedua. Pada siklus kesatu untuk KD pengetahuan terdapat 11 orang (34,37%) yang mendapat nilai di atas KKB, 2 orang (6,25%) yang mendapat nilai sesuai KKB, dan 19 orang (59,37%) yang mendapat nilai di bawah KKB sedangkan untuk KD keterampilan terdapat 5 orang (15,6%) yang mendapat nilai di atas KKB, 4 orang (12,5%) yang mendapat nilai sesuai KKB, dan 23 orang (71,9%) yang mendapat nilai di bawah KKB. Pada siklus kedua untuk KD pengetahuan terdapat 18 orang (56,25%) yang mendapat nilai di atas KKB dan 14 orang (43,75%) yang mendapat nilai sesuai dengan KKB sedangkan untuk KD keterampilan terdapat 21 orang (65,63%) yang mendapat nilai di atas KKB dan 11 orang (34,37%) yang mendapat nilai sesuai dengan KKB. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menelaah isi dan struktur serta menyajikan teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 07:44 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 07:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11716 |
Actions (login required)
View Item |