PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WIMBA DENGAN PENDEKATAN DEDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

SHOLIHAH, NUR AFIATUSH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WIMBA DENGAN PENDEKATAN DEDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover-Daftar Lampiran.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran wimba dengan pendekatan deduktif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 sampai dengan bulan September 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Tasikmalaya sebanyak 6 kelas. Sampel yang digunakan dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan majemuk sebanyak 32 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikasi (α) = 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa model pembelajaran wimba dengan pendekatan deduktif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci : model pembelajaran wimba, pendekatan deduktif, hasil belajar, sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:37
Last Modified: 24 Jan 2024 07:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11715

Actions (login required)

View Item View Item