PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

MUHAROMAH, ARINI SITI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (578kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (552kB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Proses pendidikan saat ini peserta didik diharapkan memiliki beberapa kemampuan berpikir tingkat tinggi agar mampu menghadapi tantangan global di abad 21. Sebagaimana yang ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik di abad 21. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan melatih dan mendorong peserta didik untuk melakukan problem solving menggunakan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian the matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya sebanyak 7 kelas yang berjumlah 250 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 36 orang dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 36 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis berbentuk soal uraian yang berjumlah 18 butir soal mengenai materi sistem ekskresi manusia. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan perolehan nilai signifikansi 0.200 > 0.05 dan uji Levene dengan perolehan nilai 0.841 > 0.05. Uji hipotesis menggunakan uji t independen dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran; SSCS (Search, Solve, Create, and Share).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:22
Last Modified: 22 Jan 2024 06:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11619

Actions (login required)

View Item View Item