IMALIA, DEVI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPS MAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (47kB) |
|
Text
2 PENGESAHAN.pdf Download (119kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (121kB) |
|
Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (140kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (291kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
Text
8 DAFTAR TABEL.pdf Download (187kB) |
|
Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (181kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (555kB) |
|
Text
13 BAB III.pdf Download (641kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian tersebut dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS MAN 1 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental desaigns. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPS MAN 1 Tasikmalaya yang berjumlah 121 siswa, sampel Penelitian kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan Pretest dan Posttest yang terdiri dari 20 butir soal dengan alternatif jawaban pilihan ganda. Hasil penelitian dilihat dari perubahan nilai Pretest dan Posttest. Pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dari hasil uji paired sample t-test mendapatkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai N-Gain sebesar 0,57 terinterpretasi sedang. Pada kelas control yang menggunakan model konvensional dari hasil uji paired sample t-test mendapatkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai N-Gain sebe�sar 0,35 terinterpretasi sedang. Kesimpulan bahwa model pembelajaran Kooperat�if tipe Student Teams Achievement Division berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas X IPS 2. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 02:57 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 02:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11604 |
Actions (login required)
View Item |