PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri Taraju Kabupaten Tasikmalaya)

Silviani, Elsa (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri Taraju Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian terkait rendahnya pemahaman konsep belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Adapun tujuannya untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep belajar siswa di kelas X IPS SMA Negeri Taraju yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Metode dalam penelitian adalah quasi eksperimen desain dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasinya seluruh kelas X IPS sebanyak 164 siswa. Adapun sampel kelas X IPS 1 sebanyak 32 siswa dan kelas X IPS 2 sebanyak 32 siswa dengan menggunakan teknik sampling purposive, alat tes pemahaman yang digunakan yaitu analisis butir soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan bantuan program SPSS 23.0 yaitu paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil perhitungan uji paired sample t-test sebelum dan sesudah pengukuran dikelas eksperimen dengan nilai N-gain 0,71 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, sedangkan dikelas kontrol dengan nilai N-gain sebesar 0,67 dan Sig. (2tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, dan perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,014 maka Ha diterima. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran tipe group investigation (GI) cukup efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Pemahaman Konsep Belajar, Model Pembelajaran Cooperative tipe Group Investigation (GI).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Oct 2019 00:58
Last Modified: 31 Oct 2019 00:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item