SALIMAH, KHANSA NURUL (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (41kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (109kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (162kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (99kB) |
|
Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf Download (41kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (109kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (116kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (349kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 8 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 283 peserta didik dan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 sebanyak 63 peserta didik yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional hasil adaptasi dari The Schutte Self Report Emotional Intellegence Test (SSEIT) sebanyak 26 pernyataan yang terdiri dari tiga indikator, diantaranya appraisal and expression of emotion, regulation of emotion, dan utilization of emotion. Sedangkan data hasil belajar diukur pada aspek kognitif yang menggunakan nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) yang diperoleh dari guru biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan analisis data statistik uji korelasi bivariat pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 secara positif dan signifikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,623 yang menunjukkan bahwa hubungan berada dalam kategori kuat. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar; Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 01:30 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 01:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11569 |
Actions (login required)
View Item |