UPAYA PENGASUHAN TUTOR TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi di Tsabitha Day Care Kota Depok)

Nisa, Savira Khoirun (2023) UPAYA PENGASUHAN TUTOR TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi di Tsabitha Day Care Kota Depok). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (132kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (123kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (113kB)
[img] Text
9. DAfTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (294kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)

Abstract

Orang tua yang memiliki kesibukan di luar rumah tidak dapat memberikan perhatian dan kasih sayang dengan optimal kepada anak usia 5-6 tahun, hadirnya tempat layanan Taman Penitipan Anak (TPA) sebagai pengganti orang tua di waktu tertentu untuk melengkapi kebutuhan anak usia 5-6 tahun terutama dalam pembentukan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh tutor Tsabitha Day Care Kota Depok dalam proses pengasuhan anak usia 5-6 tahun dalam pembentukan kemandiriannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pengasuhan tutor Tsabitha Day Care Kota Depok dalam pembentukan kemandirian anak dengan berusia 5-6 tahun menerapkan prinsip penyelenggaraan Taman Penitipan Anak (TPA) seperti tempa, asah, asih, dan asuh dalam proses pengasuhannya, sehingga kemandirian anak berusia 5-6 tahun dapat berkembang sesuai dengan target usianya. Penelitian ini juga menggambarkan berbagai upaya pengasuhan tutor yang digunakan demi tercapainya target perkembangan kemandirian anak dengan kisaran umur 5-6 tahun. Simpulan dari penelitian ini adalah upaya pengasuhan tutor dilakukan dari berbagai kegiatan yang menekankan kemandirian anak berumur 5-6 tahun dengan peran tutor untuk mencontohkan, mengarahkan, serta mendampingi anak diusia tersebut melalui proses pengasuhan di Tsabitha Day Care Kota Depok. Kata Kunci: Taman Penitipan Anak, Kemandirian, Pengasuhan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:19
Last Modified: 18 Jan 2024 04:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item View Item