Handayani, Denih (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (303kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Tesis.pdf Download (960kB) |
|
Text
Kata Pengantar, Daftar Isi, Pernyataan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (626kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (4MB) |
|
Text
Bab III.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (39MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi begitu pesat, salah satunya kemajuan teknologi sistem operasi android pada berbagai gawai. sayangnya, kemajuan teknologi ini belum dimanfaatkan secara maksimal untuk kemajuan pendidikan. minimnya pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran salah satunya dialami di SMAN 7 Tasikmalaya. Untuk itu, penulis berusaha memberikan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan oleh guru untuk pembelajaran di kelas ataupun oleh peserta didik untuk belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan Lectora Inspire untuk mengeksplor kemampuan koneksi matemaris peserta didik pada materi turunan fungsi aljabar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode pengembangan Metode Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo dengan 6 tahapan :L concept, design, material coollecting, assembly, testing, dan distributor. Hasil penelitian yang dilakukkan pada kelas XI MIPA 4 SMAN 7 Taikmlaya sebanyak 35 orang menunjukan bahwa media yang digunakan sangat layak berdasarkan validasi oleh ahli materi dengan skala 92,4% dan dari ahli media dengan skala 95,26%, serta berdasarkan angket respon peserta didik menunjukan hasil yang sangat baik dengan skala 79,22%. Efektifitas media dalam mengeksplor kemampuan koneksi matematis peserta didik juga masuk kategori sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Effect Size dengan skor 1,45. Jadi penggunaan media cukup efektif dalam mengeksplor kemampuan koneksi matematis peserta didik. kata kunci : media pembelajaran, android, koneksi matematis
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 02:05 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 02:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11444 |
Actions (login required)
View Item |