VITALOKA, VINKA (2023) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM HJ. SITI MUNIROH TASIKMALAYA TAHUN 2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (214kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (165kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (270kB) |
|
Text
7. PERNYATAAN.pdf Download (171kB) |
|
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
4. MOTTO.pdf Download (503kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (302kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (339kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (316kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (403kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (603kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
15. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan berkaitan erat dengan kepuasan pasien dan menjadi salah satu alat ukur yang digunakan untuk menilai pemenuhan kebutuhan serta harapan pasien dalam menerima pelayanan kesehatan di rumah sakit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dimensi responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability dengan kepuasan pasien rawat inap dimensi responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability di RS Islam Hj. Siti Muniroh. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah orang yang pernah dirawat inap di RS Islam Hj. Siti Muniroh pada bulan Januari sampai Desember 2022 sebanyak 113 orang yang diambil menggunakan teknik total sampling. Data diperoleh dengan pengisian kuesioner dalam bentuk google form yang disebarkan melalui whatsapp. Analisis data yang digunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap dimensi responsiveness dengan koefisien korelasi sebesar 0,864, dimensi assurance dengan koefisien korelasi sebesar 0,859, dimensi tangible dengan koefisien korelasi sebesar 0,911, dimensi empathy dengan koefisien korelasi sebesar 0,877, dan dimensi reliability dengan koefisien korelasi sebesar 0,821. Oleh karena itu, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang sangat kuat dan searah antara mutu pelayanan kesehatan dimensi responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability dengan kepuasan pasien rawat inap dimensi responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability di RS Islam Hj. Siti Muniroh. Disarankan bagi rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan khususnya pada rawat inap demi peningkatan kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan kesehatan. Kata Kunci : Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 08:22 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 08:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11393 |
Actions (login required)
View Item |