Alya, Siti Nabilah (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (269kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (271kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR GAMBAR.pdf Download (109kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (119kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (271kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (159kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (978kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
Text
12. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write (TTW) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian Tindakan kelas (PTK). Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus kesatu pertemuan pertama peserta didik yang sudah mencapai KKB dalam hal mengidentifikasi unsur�unsur sebanyak 17 orang (53%) sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKB sebanyak 15 orang (47%), sedangkan pada siklus kesatu pertemuan kedua peserta didik yang sudah mencapai KKB dalam hal menyimpulkan isi teks berita sebanyak 15 orang (47%) dan yang belum mencapai KKB sebanyak 17 orang (53%). Pada siklus kedua pertemuan pertama dan kedua dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKB. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa W hitung lebih kecil daripada W tabel dalam taraf signifikasi (0,05). Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Dengan kata lain, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 06:49 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 06:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11372 |
Actions (login required)
View Item |