LESTASI, DEA FUJI (2023) PENGARUH EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN LURING PASCA PANDEMI DAN KESIAPAN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Survey Pada Peserta Didik IPS MA K.H.Z Muttaqin). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (44kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (155kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (6kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (88kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (118kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (109kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (172kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (611kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Masalah dari penelitian ini berawal dari menurunnya prestasi belajar peserta didik, saat pembelaljaran daring selama pandemi khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Dengan latar belakang efektifitas pembelajaran dan ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik IPS di MA K.H.Z Muttaqin yang berjumlah 127 orang peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji regresi linear berganda serta uji hipotesis dengan uji F (Stimultan), uji t (parsial). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai koefisien determinasi (R Square ) pada penelitian ini yaitu 0,557 atau 55,7%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Efektifitas pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. 2) Sarana dan prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efektifitas pembelajaran dan sarana dan prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci : Efektifitas Pembelajaran, Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 03:02 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 03:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11360 |
Actions (login required)
View Item |