PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Serba Bakti Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 )

CAHYADI, AJI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Serba Bakti Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (189kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (79kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (341kB)
[img] Text
10.BAB III.pdf

Download (701kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Serba Bakti Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Metode penelitian menggunakan kuantitaif eksperimen. Populasi yang merupakan siswa XI SMA Serba Bakti Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya. Adapun sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sebelum dan sesudah perlakuan. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (ceramah) sebelum dan sesudah perlakuan. 3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (ceramah) sesudah perlakuan. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:02
Last Modified: 15 Dec 2023 03:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item