PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH PENDAPAT MENDUKUNG DAN KONTRA SERTA MENYAJIKAN TEKS DISKUSI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2022/2023)

Daniatin, Denia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH PENDAPAT MENDUKUNG DAN KONTRA SERTA MENYAJIKAN TEKS DISKUSI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (758kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (870kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (106kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (218kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (258kB)
[img] Text
7. Bab 1.pdf

Download (238kB)
[img] Text
8. Bab 2.pdf

Download (503kB)
[img] Text
9. Bab 3.pdf

Download (737kB)
[img] Text
10. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
13. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan yang harus dimiliki peserta didik kelas IX SMP/MTs dalam Kurikulum 2013 Revisi adalah Kompetensi Dasar 3.10 dan 4.10. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan signifikan tidaknya pengaruh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap kemampuan menelaah pendapat mendukung dan kontra serta menyajikan teks diskusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Data diambil dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Populasi yang ditetapkan adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang ditentukan adalah peserta didik kelas IX F (kelas eksperimen) dan kelas IX G (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan persentase kenaikan nilai rata-rata prates dan pascates kelas eksperimen sebesar 67% untuk KD 3.10 dan 26% untuk KD 4.10, sedangkan kelas kontrol sebesar 58% untuk KD. 3.10 dan 26% untuk KD 4.10. Hasil uji wilcoxon pascates kelas eksperimen serta kontrol menunjukkan bahwa Whitung = 0 < Wtabel = 59 untuk KD pengetahuan dan Whitung = 3 < Wtabel = 59 untuk KD keterampilan. Artinya, ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji n-gain menunjukkan poin gain kelas eksperimen sebesar 0,7 (tinggi), sedangkan kelas kontrol 0,4 (sedang) pada KD pengetahuan. Pada KD keterampilan, poin gain kelas eksperimen 0,4 (sedang), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,26 (rendah). Artinya, penerapan model REACT lebih baik daripada model Discovery Learning. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah pendapat mendukung dan kontra serta menyajikan teks diskusi pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Dec 2023 08:19
Last Modified: 14 Dec 2023 08:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11351

Actions (login required)

View Item View Item