AN INVESTIGATION ON THE USE OF ORAL CORRECTIVE FEEDBACK IN AN UNDERGRADUATE SUPERVISION

SANTOSO AJI, ARGI (2019) AN INVESTIGATION ON THE USE OF ORAL CORRECTIVE FEEDBACK IN AN UNDERGRADUATE SUPERVISION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover, Approval Sheet, Pernyataan, Abstrak, Preface, Acknowledgement,Table of Content, List of Enclosure, List of Figures~1.pdf

Download (977kB)
[img] Text
CHAPTER I ~ BAB 1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
CHAPTER II ~ BAB 2.pdf

Download (321kB)
[img] Text
CHAPTER III ~ BAB 3.pdf

Download (170kB)
[img] Text
CHAPTER IV ~ BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
CHAPTER V ~ BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
REFERENCES ~ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi koreksi umpan balik lisan yang melibatkan mahasiswa S1 (sarjana) selama proses bimbingan dalam menyusun proposal penelitiannya. Terdapat enam jenis koreksi umpan balik lisan yang dikemas oleh Lyster dan Ranta (1997); recast, explicit correction, metalinguistic feedback, clarification request, repetition, dan elicitation, yang dijadikan landasan penelitian ini. Dimana penelitian ini mengungkapkan jenis koreksi umpan balik lisan mana yang muncul selama proses bimbingan dan keuntungan dari adanya koreksi umpan balik lisan tersebut yang diberikan oleh pembimbing. Selanjutnya, data pertama diperoleh dari rekaman suara selama proses bimbingan yang ditranskripsikan lalu diklasifikasikan berdasarkan jenis koreksi umpan balik lisan (Lyster dan Ranta,1997), dan data kedua dari interview yang ditranskipsikan lalu dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun dan Clarke, 2006). Hasil data menunjukkan bahwa ke-enam jenis koreksi umpan balik lisan tersebut muncul selama proses bimbingan, dan terdapat tiga tema; (1) Koreksi umpan balik lisan sebagai arahan untuk membingkai masalah penelitian, (2) Koreksi umpan balik lisan sebagai mediasi untuk membangun pembelajaran mandiri, (3) Meningkatkan motivasi melalui emosi siswa, yang telah disusun untuk menjelaskan manfaat dari adanya koreksi umpan balik lisan yang diberikan pembimbing. Hal tersebut mengindikasikan bahwa dengan adanya koreksi umpan balik lisan selama proses bimbingan menulis proposal penelitian, dapat mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan proposal peneletiannya tepat waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Apr 2020 04:52
Last Modified: 01 Apr 2020 04:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item