AFIANTI, RIZKY KURNIA (2023) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZWHIZZER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 3 SMAN 9 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (19kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (346kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (353kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text
4. HALAMAN PRIBADI & MOTTO.pdf Download (278kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (194kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (187kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (365kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (307kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konsep pembelajaran di Indonesia yang menerapkan student center learning pada proses pembelajarannya, namun dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan dalam pembelajaran sejarah yang dirasakan oleh siswa yaitu minat belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Quizwhizzer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 SMAN 9 Tasikmalaya. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah Kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 9 Tasikmalaya berjumlah 129 orang, dari populasi tersebut diambil sampel yaitu siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 60 orang. Pengumpulan data diambil melalui angket dan observasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi guru serta siswa dan lembar angket dengan skala likert dengan pernyataan yang disesuaikan dengan indikator minat belajar. Jumlah pernyataan yang cantumkan yaitu sebanyak 21 butir penyataan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan software IBM SPSS 26.0 for windows. Berdasarkan hasil uji independent sampel t-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen (XI IPS 3) lebih besar dibandingkan kelas kontrol (XI IPS 1), yaitu 83,37 > 78,37 dengan nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada nilai rata-rata antara kedua kelas tersebut dan membuktikan bahwa penerapan media pembelajaran Quizwhizzer berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 SMAN 9 Tasikmalaya. Kata kunci: Media pembelajaran, Minat belajar, Pembelajaran sejarah, Quizwhizzer
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 08:19 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 08:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11349 |
Actions (login required)
View Item |