Nurdiyansyah, Helni (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN GAGASAN, PENDAPAT DALAM BENTUK TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Muallimin Cikembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (151kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (319kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (248kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (63kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (73kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) |
|
Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (154kB) |
|
Text
8. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (314kB) |
|
Text
9. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (237kB) |
|
Text
10. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan gagasan, pendapat dalam bentuk teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VIII SMP Muallimin Cikembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 yang belum mampu menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan gagasan, pendapat dalam bentuk teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan gagasan, pendapat dalam bentuk teks eksposisi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa, hasil belajar siklus kesatu aspek pengetahuan KD 3.6 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi, terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 12 orang (55%) dan peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 10 orang (45%). Pada aspek keterampilan KD 4.6 menyajikan gagasan, pendapat dalam bentuk teks eksposisi, peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 13 orang (59%) dan peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 9 orang (41%). Pada siklus kedua aspek pengetahuan dan keterampilan, semua peserta didik sebanyak 22 orang (100%) telah mencapai KKM. Hasil uji statisktik Wilcoxon terhadap data tersebut menunjukkan bahwa dari hasil membandingkan ternyata diketahui bahwa W hitung = 0 ˂ W tabel (47,17). Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan gagasan, pendapat dalam bentuk teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Muallimin Cikembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 07:18 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 07:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11338 |
Actions (login required)
View Item |