PENGARUH MIND MAPPING BERBASIS APLIKASI MINDOMO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ANIMALIA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2022/2023)

OKTAVIA, MILA (2023) PENGARUH MIND MAPPING BERBASIS APLIKASI MINDOMO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ANIMALIA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (225kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (198kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (432kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (780kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mind mapping berbasis aplikasi mindomo terhadap hasil belajar peserta didik pada materi animalia (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2022/2023). Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan menggunakan the matching-only posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA sebanyak 233 orang (X MIPA 1 – X MIPA 7) SMA Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel diperoleh secara purposive sampling didapatkan kelas X MIPA 2 sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pilihan majemuk sebanyak 32 soal untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data kedua kelompok dengan menggunakan uji t independen. Hasil analisis menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan signifikansi < 0,05 (0,001 < 0,05). Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 23,25 dan kelas kontrol sebesar 19,29. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh mind mapping berbasis aplikasi mindomo terhadap hasil belajar peserta didik pada materi animalia di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci: mind mapping, mindomo, hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:15
Last Modified: 08 Dec 2023 02:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item View Item