DESAIN PEMBELAJARAN PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN KONTEKS UKURAN SEPATU MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL

NURZANAH, ERNA (2023) DESAIN PEMBELAJARAN PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN KONTEKS UKURAN SEPATU MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (232kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (111kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (238kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (211kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peserta didik masih banyak mengalami kesulitan dalam pemahaman mengenai penyajian data, terutama mengolah dan menyajikan data dalam bentuk lingkaran. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui peranan konteks ukuran sepatu, menghasilkan suatu lintasan belajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami mengolah dan menyajikan data dan mengetahui capaian hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary design (desain pendahuluan), design experiment (percobaan desain), dan retrospective analysis (analisis retrospektif). Penelitian ini dilakukan di MTS Al-Fakhriyyah kelas VII A sebagai kelas pilot experiment dan kelas VII B sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konteks ukuran sepatu sebagai contoh konkret dan pengenalan konsep data. Ukuran sepatu membantu peserta didik memahami dan menyelesaikan permasalahan aktivitas kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penyajian data. Lintasan belajar yang dihasilkan adalah lintasan belajar peserta didik berdasarkan HLT yang didesain dan direvisi, serta mengacu kepada teori sintaks model pembelajaran Problem Based Learning. Lintasan belajar dimulai dari mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan penyajian data menggunakan koteks ukuran sepatu, mengumpulkan informasi dan menalar mengenai permasalahan penyajian data, mengolah data serta mencatat hasil pengolahan data berbantuan Microsoft Excel, menyimpulkan penyajian data dan cara menentukan persentase dalam notasi formal dan membuat diagram lingkaran. Capaian hasil belajar yang dihasilkan pada penelitian pada tahap pilot experiment peserta didik memperoleh persentase 90,67%. Sedangkan pada tahap teaching experiment capaian hasil belajar peserta didik memperoleh persentase 93,82%. Kata kunci: Design Research, Penyajian Data, Problem Based Learning, Microsoft Excel, Lintasan Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:48
Last Modified: 05 Dec 2023 02:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11211

Actions (login required)

View Item View Item