PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, LITERASI EKONOMI, DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PESERTA DIDIK DI ERA EKONOMI DIGITAL (Survei pada Peserta Didik Jurusan IPA dan IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

SARINAH, ARIN SITI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, LITERASI EKONOMI, DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PESERTA DIDIK DI ERA EKONOMI DIGITAL (Survei pada Peserta Didik Jurusan IPA dan IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LEMBAR KOREKSI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (184kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR 01.pdf

Download (399kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Fokus penelitian terkait dengan perilaku konsumtif yang terjadi dikehidupan masyarakat khususnya pada peserta didik di era ekonomi digital. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial, literasi ekonomi dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif peserta didik SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket dan lembar tes. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik jurusan IPA dan IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 305 responden. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,458 artinya pengaruh penggunaan media sosial, literasi ekonomi dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif peserta didik sebesar 45,8%, sedangkan 54,2% variasi perilaku konsumtif ditentukan oleh faktor-faktor lainnya. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial, literasi ekonomi dan konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif peserta didik SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Kata Kunci : Penggunaan Media Sosial, Literasi Ekonomi, Konsep Diri, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:45
Last Modified: 05 Dec 2023 01:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11207

Actions (login required)

View Item View Item