Astuti, Tri Puji (2023) ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI-NILAI DALAM NOVEL SEJARAH BERJUDUL LAUT BERCERITA DAN PULANG KARYA LEILA S. CHUDORI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (35kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (445kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (404kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (299kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (335kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (512kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (374kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan pembelajaran berbasis teks. Dalam kurikulum 2013 revisi salah satu teks yang dipelajari oleh peserta didik kelas XII SMA adalah novel sejarah yang terdapat dalam kompetensi dasar 3.3 Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis. Dalam realitas di 3 sekolah yang penulis observasi masih banyak peserta didik yang belum mencapai kompetensi dasar tersebut. Hal ini disebabkan banyaknya permasalahan, terutama terbatasnya bahan ajar yang digunakan di sekolah. Dengan adanya permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian berupa analisis struktur dan nilai-nilai dalam novel sejarah yang berjudul Laut Bercerita dan Pulang karya Leila S. Chudori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan nilai-nilai kehidupan dalam novel sejarah Laut Bercerita dan Pulang karya Leila S. Chudori. Selain itu, untuk mengetahui dapat atau tidaknya novel sejarah Laut Bercerita dan Pulang karya Leila S. Chudori dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di kelas XII. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, teknik analisis wacana, angket, dan tes. Penelitian ini menggunakan uji validitas bahan ajar yang telah divalidasi oleh ahli sastra dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Uji ini ditujukan untuk mengetahui kesesuaian bahan ajar. Kemudian, hasil analisis pada penelitian ini diujicobakan kepada peserta didik kelas XII SMA dengan cara menjawab pertanyaan yang tersedia dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel sejarah yang berjudul Laut Bercerita dan Pulang karya Leila S. Chudori mengandung struktur yang lengkap yang meliputi pengenalan cerita, pengungkapan peristiwa, menuju konflik, puncak konflik, evaluasi, dan koda. Kedua novel ini juga memiliki nilai-nilai yang cukup lengkap diantaranya nilai agama, moral, sejarah, kepahlawanan, budaya, sosial, dan nilai estetis. Selain itu, novel sejarah Laut Bercerita dan Pulang memiliki kesesuaian dengan kriteria bahan ajar, diantaranya kesesuaian dengan kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, perkembangan psikologis, serta memuat nilai pedagogis yang bersifat mendidik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa novel sejarah Laut Bercerita dan Pulang karya Leila S. Chudori dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di kelas XII SMA
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:50 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11186 |
Actions (login required)
View Item |