Davasha, Melva Azizah (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI PUISI RAKYAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (Penelitian Tindakan kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (45kB) |
|
Text
2. LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (195kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. LEMBAR_PERNYATAAN.pdf Download (210kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (301kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (191kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (185kB) |
|
Text
10. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (184kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (185kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (356kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (504kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (748kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 Revisi salah satu komptensi dasar yang perlu dikuasai oleh peserta didik kelas VII SMP adalah kompetensi dasar 3.9 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar dan kompetensi dasar 4.9 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis. Namun, pada praktiknya masih banyak peserta didik yang belum mencapai kompetensi dasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Course Review Horay meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi puisi rakyat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik penelitian yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, teknik angket, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa pada siklus I dalam pembelajaran mengidentifikasi puisi rakyat sebanyak 15 orang peserta didik (50%) belum mencapai KKM dan 15 peserta didik (50%) sudah mencapai KKM dan pada siklus II dalam pembelajaran mengidentifikasi puisi rakyat semua peserta didik 30 orang (100%) sudah mencapai KKM. Kemudian, pada siklus I dalam pembelajaran menyimpulkan isi puisi rakyat sebanyak 14 orang peserta didik (47%) belum mencapai KKM dan 16 orang peserta didik (53%) sudah mencapai KKM dan pada siklus II dalam pembelajaran menyimpulkan isi puisi rakyat semua peserta didik 30 orang (100%) sudah mencapai KKM. Berdasarkan Uji Wilcoxon diketahui bahwa pada pembelajaran mengidentifikasi puisi rakyat Whitung (5,5) < Wtabel 228,56 dalam taraf signifikasi 0,01 dan pada pembelajaran menyimpulkan isi puisi rakyat Whitung (0) < Wtabel 228,56 dalam taraf signifikasi 0,01. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan mengindentifikasi dan menyimpulkan isi puisi rakyat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:49 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11165 |
Actions (login required)
View Item |