Handayani, Anisa Nur Rohmah (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IIS MAN 18 JAKARTA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (46kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (192kB) |
|
Text
LEMBAR PENGUJI.pdf Download (132kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (177kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (133kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (140kB) |
|
Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (129kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (144kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (455kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
Abstract
Latar Belakang penelitian ini adalah kurang beragamnya model pembelajaran yang digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran serta teknik metode mengajar, model dan strategi yang dipilih yakni memengaruhi motivasi dan minat yang dimiliki para peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar yang di dapat peserta didik kurang maksimal. Model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantu media visual diharapkan mampu membantu peserta didik untuk lebih memiliki motivasi dan minat belajar yang nantinya berdampak pada pada ketercapaian tujuan dari proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran problem based learning berbantu media visual dan mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantu media visual pada mata pelajaran geografi di MAN 18 Jakarta. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, studi literatur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 orang dengan rincian, sebanyak 36 orang kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan 36 orang kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling tipe purposive sampling. Data hasil penelitian dengan menggunakan N-Gain data hasil belajar kelas eksperimen terintrepretasi dengan kategori tinggi yakni 0,711. Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari kelas eksperimen sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran dengan kata lain model pembelajaran problem based learning berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar sebesar 45,67% Kata Kunci : Model pembelajaran, Model problem based learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 00:42 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 00:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11138 |
Actions (login required)
View Item |