SUNDARI, MIRA SITI (2023) STUDI KOMPARATIF PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (515kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (597kB) |
|
Text
PENGUJI.pdf Download (591kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (635kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (506kB) |
|
Text
KATA PENGANTARA.pdf Download (723kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (670kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (741kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (724kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (628kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciawi, setelah diberikan tes kemampuan awal berpikir kritis menunjukan hasil bahwa peserta didik belum mampu mencapai indikator kemampuan berpikir kritis diatas 50%. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan model mana yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Counterbalance Design, serta teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik pada kelas XI IPS, yaitu kelas XI IPS 1, sampai XI IPS 4 dengan jumlah 139 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2, dengan teknik pengambilan sampel Nonprobability Sampling dengan tipe Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan materi pokok perdagangan internasional antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Problem Solving. Hal ini dapat ditunjukan berdasarkan perolehan rata-rata nilai Posttest minggu pertama pada kelas eksperimen 1 (Problem Based Learning) sebesar 77,73 dan kelas eksperimen 2 (Problem Solving) sebesar 63,97, serta pada minggu ke dua pada kelas eksperimen 1 (Problem Solving) sebesar 63,90 dan kelas eksperimen 2 (Problem Based Learning) sebesar 76,30. Selain itu berdasarkan uji Paired Sample T-Test dan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi (2-Tailed) 0, 000 < 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut dapat menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran lebih berpusat kepada bagaimana peserta didik mampu lebih peka terhadap permasalahan di sekitar dan mampu untuk memecahkan permasalahan tersebut. Sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih meningkat. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning (PBL), dan Problem Solving
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 08:03 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 08:03 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11071 |
Actions (login required)
View Item |