HABIBI, NURUL IS’AD (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (131kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (128kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf Download (205kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (170kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (80kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (30kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (27kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (30kB) |
|
Text
11. BAB 1 - PENDAHULUAN.pdf Download (78kB) |
|
Text
12. BAB 2 - LANDASAN TEORETIS.pdf Download (600kB) |
|
Text
13. BAB 3 - PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (260kB) |
|
Text
14. BAB 4 - HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. BAB 5 - SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (30MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Flipbook berbasis Discovery Learning yang dikembangkan pada materi Bentuk Aljabar serta respon peserta didik terhadap media pembelajaran Flipbook yang dikembangkan. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model Borg and Gall pada skala kecil (Tahap Pengumpulan Data, Tahap Perencanaan, Tahap Pengembangan Produk, serta Tahap Validasi dan Uji Coba). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tidak berstruktur dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu penilaian kualitas media pembelajaran, dan angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Data penelitian diperoleh dari dua Ahli Media, dua Ahli Materi, dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Flipbook berbasis Discovery Learning pada Materi Bentuk Aljabar. Hasil validasi media menyatakan bahwa media pembelajaran Flipbook masuk pada kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata sebesar 4,88 dengan persentase 98%, begitupun pada penilaian kualitas materi, hasil validasi materi menyatakan bahwa media pembelajaran Flipbook masuk pada kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata sebesar 4,54 dengan persentase 90,7% dan penilaian angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran mendapatkan respon “Sangat Baik” dengan deskripsi menarik, menyenangkan, mudah untuk dipahami, serta memberikan rasa penasaran yang tinggi untuk menggunakan media pembelajaran Flipbook yang dikembangkan sehingga media pembelajaran Flipbook berbasis Discovery Learning dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran pada materi Bentuk Aljabar di kelas VII. Kata kunci: Media Pembelajaran, Flipbook, Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 02:33 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 02:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11032 |
Actions (login required)
View Item |