PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BENTUK ALJABAR

HABIBI, NURUL IS’AD (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (131kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (30kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (27kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (30kB)
[img] Text
11. BAB 1 - PENDAHULUAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
12. BAB 2 - LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (600kB)
[img] Text
13. BAB 3 - PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text
14. BAB 4 - HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB 5 - SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Flipbook berbasis Discovery Learning yang dikembangkan pada materi Bentuk Aljabar serta respon peserta didik terhadap media pembelajaran Flipbook yang dikembangkan. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model Borg and Gall pada skala kecil (Tahap Pengumpulan Data, Tahap Perencanaan, Tahap Pengembangan Produk, serta Tahap Validasi dan Uji Coba). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tidak berstruktur dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu penilaian kualitas media pembelajaran, dan angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Data penelitian diperoleh dari dua Ahli Media, dua Ahli Materi, dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Flipbook berbasis Discovery Learning pada Materi Bentuk Aljabar. Hasil validasi media menyatakan bahwa media pembelajaran Flipbook masuk pada kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata sebesar 4,88 dengan persentase 98%, begitupun pada penilaian kualitas materi, hasil validasi materi menyatakan bahwa media pembelajaran Flipbook masuk pada kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata sebesar 4,54 dengan persentase 90,7% dan penilaian angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran mendapatkan respon “Sangat Baik” dengan deskripsi menarik, menyenangkan, mudah untuk dipahami, serta memberikan rasa penasaran yang tinggi untuk menggunakan media pembelajaran Flipbook yang dikembangkan sehingga media pembelajaran Flipbook berbasis Discovery Learning dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran pada materi Bentuk Aljabar di kelas VII. Kata kunci: Media Pembelajaran, Flipbook, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:33
Last Modified: 02 Nov 2023 02:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11032

Actions (login required)

View Item View Item