KORELASI ANTARA METAKOGNISI DENGAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

AGUSTIN, RESY ANGGRAENI (2023) KORELASI ANTARA METAKOGNISI DENGAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (230kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (305kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (186kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (494kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (510kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)

Abstract

Metakognitif diartikan sebagai kesadaran dan kontrol atas proses kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metakognisi dengan sikap ilmiah peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA sebanyak delapan kelas yang berjumlah 278 peserta didik. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIPA 4 sebanyak 35 peserta didik sebagai partisipan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket untuk mengukur metakognisi sebanyak 32 pernyataan dan angket untuk mengukur sikap ilmiah peserta didik sebanyak 25 pernyataan. Setiap item memiliki alternatif jawaban yang menunjukkan derajat kesesuaian atau ketidaksesuaian dengan diri subjek. Alternatif jawaban terdiri dari empat pilihan, yaitu sangat sesuai (SS), sesuai (S), kurang sesuai (KS) dan tidak sesuai (TS). Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyarat analisis. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi bivariat Pearson dan uji regresi sederhana dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara metakognisi dengan sikap ilmiah peserta didik pada mata pelajaran biologi dengan koefisien korelasi sebesar 0,576 yang artinya berdasarkan kriteria koefisien korelasi bahwa kedua variabel berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara metakognisi dengan sikap ilmiah peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Kata kunci: Metakognisi, Sikap Ilmiah, Mata Pelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:19
Last Modified: 24 Oct 2023 04:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11014

Actions (login required)

View Item View Item