KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Majenang Tahun Ajaran 2021/2022)

KURNIAWATI, YUNI (2022) KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Majenang Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (248kB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf

Download (741kB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)

Abstract

Motivasi belajar dan Kesulitan belajar merupakan dua aspek penting dalam proses pembelajaran, melalui motivasi belajar peserta didik diharapkan mampu mengatasi masalah kesulitan belajar pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Majenang tahun ajaran 2021/2022 dengan populasinya adalah seluruh kelas X MIPA yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah 180 peserta didik dan sampel diambil dari kelas X MIPA 5 dengan jumlah 36 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dengan jumlah pernyataan sebanyak 34 item pernyataan dan angket kesulitan belajar dengan jumlah pernyataan sebanyak 25 item pernyataan yang dibagikan kepada kelas sampel untuk memperoleh data motivasi belajar dan kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) bernilai negatif sebesar -0,178 yang artinya hubungan antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar memiliki arah hubungan yang negatif. Kata Kunci : Motivasi belajar, Kesulitan belajar, Proses pembelajaran, Mata pelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:36
Last Modified: 25 Sep 2023 08:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10975

Actions (login required)

View Item View Item