WAHYUDIN, TEGAR (2022) EXPLORING FACTORS OF STUDENTS’ FOREIGN LANGUAGE SPEAKING ANXIETY AND CONQUERING STRATEGIES. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (422kB) |
|
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf Download (382kB) |
|
Text
03 PERNYATAAN.pdf Download (256kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (438kB) |
|
Text
05 PREFACE.pdf Download (269kB) |
|
Text
06 ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (271kB) |
|
Text
07 TABLE OF CONTENTS.pdf Download (430kB) |
|
Text
08 TABLE LIST.pdf Download (152kB) |
|
Text
09 ENCLOSURE LIST.pdf Download (393kB) |
|
Text
10 CHAPTER 1.pdf Download (198kB) |
|
Text
11 CHAPTER 2.pdf Download (392kB) |
|
Text
12 CHAPTER 3.pdf Download (492kB) |
|
Text
13 CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
|
Text
14 CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
Text
15 REFERENCES.pdf Download (386kB) |
|
Text
16 ENCLOSURE.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki faktor -faktor yang menyebabkan kecemasan dalam berbicara di depan umum dan beberapa strategi untuk mengatasi kecemasan siswa dalam berbicara karena berdasarkan penelitian sebelumnya, kecemasan berbicara sering terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab kecemasan berbicara dan strategi untuk mengatasi kecemasan berbicara tersebut. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara kepada tiga orang mahasiswa yang meraih skor tinggi pada kuesioner Foreign Language Classroom Anxiety Scale (FLCAS) yang sudah disebar sebelumnya. Setelah dianalisis dengan menggunakan kualitatif analisis, ditemukan bahwa faktor yang menyebabkan kecemasan berbicara adalah perasaan takut berbicara karena kurangnya kompetensi dalam hal tata bahasa dan kosakata. Faktor selanjutnya karena kurangnya persiapan dan takut dengan evaluasi negatif. Selanjutnya, strategi yang digunakan partisipan untuk mengatasi kecemasan berbicara yang dialaminya adalah dengan relaksasi yaitu dengan menarik nafas dalam-dalam, berpikir positif, melakukan persiapan, dan pengunduran diri. Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan untuk menggunakan instrumen lain seperti pengamatan di kelas untuk memantau kondisi kelas selama berbicara di depan umum dan juga dapat mengikuti pengembangan siswa di kelas berbicara di depan umum. Kata Kunci:Faktor Kecemasan Berbicara di Depan Umum, Kelas Public Speaking, Strategi Kecemasan Berbicara
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 03:07 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 03:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10949 |
Actions (login required)
View Item |