Hidayat, Anwar (2023) APLIKASI FLASHMO SEBAGAI PEMBANTU PEMUSATAN PERHATIAN BAGI ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) MENGGUNAKAN MEDIAPIPE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (63kB) |
|
Text
02 Pengesahan.pdf Download (341kB) |
|
Text
03 Pengesahan Penguji.pdf Download (329kB) |
|
Text
04 Lembar Pernyataan Keaslian.pdf Download (286kB) |
|
Text
05 Abstrak.pdf Download (29kB) |
|
Text
06 Abstract.pdf Download (29kB) |
|
Text
07 Kata Pengantar.pdf Download (98kB) |
|
Text
08 Halaman Persembahan dan Motto.pdf Download (202kB) |
|
Text
09 Daftar Isi.pdf Download (65kB) |
|
Text
10 Daftar Tabel.pdf Download (32kB) |
|
Text
11 Daftar Gambar.pdf Download (31kB) |
|
Text
12 Daftar Source Code Program.pdf Download (28kB) |
|
Text
13 Daftar Rumus.pdf Download (26kB) |
|
Text
14 BAB I.pdf Download (42kB) |
|
Text
15 BAB II.pdf Download (745kB) |
|
Text
16 BAB III.pdf Download (273kB) |
|
Text
17 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
18 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
19 Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) |
|
Text
20 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan suatu kondisi anak yang mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatiannya. Perhatiannya yang mudah teralihkan akan mempengaruhi sisi daya ingat mereka yang menyebabkan tidak bisa teliti dalam berbagai hal. Dalam penanganannya, perlakuan yang diberikan harus memuat aspek interaktif yang mampu membangkitkan sisi kognitif dan motorik anak. Saat pengenalan objek, anak ADHD ini lebih cenderung mudah mengenali objek secara visual sehingga dalam dunia terapi, media yang sering digunakan salah satunya adalah flash card. Kartu yang berisi gambar, teks, atau simbol tertentu yang mampu mengembangkan pemahaman dan bahasa anak. Media visual berbasis komputer ternyata mampu meningkatkan motivasi anak untuk mengerjakan tugas dalam waktu yang cukup lama karena memiliki daya tarik yang kuat. Penelitian ini menggabungkan media terapi berupa flash card dengan media visual berbasis komputer menggunakan MediaPipe dengan metode face mesh untuk membaca pola wajah anak. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan media yang dapat mengembangkan sisi kognitif dan motorik anak. Anak akan diajak untuk membedakan objek berupa makanan dan benda. Jika yang muncul adalah objek berupa makanan maka anak harus membuka mulutnya, jika objek yang muncul adalah benda maka anak harus menutup mulutnya. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, aplikasi Flashmo ini dapat dimainkan secara normal pada kondisi tempat dengan intensitas cahaya diatas 20 lux dan dilakukan pada jarak maksimal 2,5 meter. Berdasarkan pengujian dengan metode SUS (System Usability Scale), penelitian ini mendapatkan nilai 78,75, nilai Acceptability mendapatkan nilai Acceptable, nilai Grade Scale mendapatkan nilai C, dan nilai Adjective Rating mendapatkan nilai Excellent, sehingga aplikasi ini dapat digunakan saat sesi terapi anak berkebutuhan khusus dengan kondisi ADHD. Kata kunci : Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Face Mesh, Flash Card, MediaPipe, System Usability Scale (SUS)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 03:55 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 03:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10931 |
Actions (login required)
View Item |