RAHAYU, IIS (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIC TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA PADA MATERI KESULTANAN DEMAK DI KELAS X IPA 2 SMA TERPADU DARUSSALAM SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021-2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (54kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (417kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (327kB) |
|
Text
LEMBAR PENGUJI.pdf Download (297kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (90kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (94kB) |
|
Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (128kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (119kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (132kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (301kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mnemonic pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi pokok Sejarah Kesultanan Demak terhadap hasil belajar siswa di kelas X IPA 2 tahun ajaran 2021-2022. Hasil belajar sejarah esensinya untuk menggali nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah. Bukan hanya angka yang menjadi tolak ukur dari pembelajaran sejarah tersebut, tapi diharapkan siswa mampu mencapai tujuan untuk menggali nilai yang terkandung dalam peristiwanya. Sehingga siswa bukan hanya belajar sejarah, tapi belajar dari sejarah. Salah satu solusi supaya hasil belajar sejarah siswa meningkat yaitu dengan menggunakan model pembelajaran mnemonik. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen pendekatan kuantitatif, dengan desain Non-equivalent Group Design. Berdasarkan hasil uji analisis dari pengolahan data hasil belajar siswa, model pembelajaran mnemonik memiliki pengaruh yang cukup efektif digunakan untuk pembelajaran sejarah. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran mnemonic terhadap hasil belajar siswa di Kelas X IPA 2 SMA Terpadu Darussalam. Kata kunci : Model pembelajaran, mnemonic, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:01 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 04:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10897 |
Actions (login required)
View Item |