PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIC TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA PADA MATERI KESULTANAN DEMAK DI KELAS X IPA 2 SMA TERPADU DARUSSALAM SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021-2022

RAHAYU, IIS (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIC TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA PADA MATERI KESULTANAN DEMAK DI KELAS X IPA 2 SMA TERPADU DARUSSALAM SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021-2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (90kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mnemonic pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi pokok Sejarah Kesultanan Demak terhadap hasil belajar siswa di kelas X IPA 2 tahun ajaran 2021-2022. Hasil belajar sejarah esensinya untuk menggali nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah. Bukan hanya angka yang menjadi tolak ukur dari pembelajaran sejarah tersebut, tapi diharapkan siswa mampu mencapai tujuan untuk menggali nilai yang terkandung dalam peristiwanya. Sehingga siswa bukan hanya belajar sejarah, tapi belajar dari sejarah. Salah satu solusi supaya hasil belajar sejarah siswa meningkat yaitu dengan menggunakan model pembelajaran mnemonik. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen pendekatan kuantitatif, dengan desain Non-equivalent Group Design. Berdasarkan hasil uji analisis dari pengolahan data hasil belajar siswa, model pembelajaran mnemonik memiliki pengaruh yang cukup efektif digunakan untuk pembelajaran sejarah. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran mnemonic terhadap hasil belajar siswa di Kelas X IPA 2 SMA Terpadu Darussalam. Kata kunci : Model pembelajaran, mnemonic, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:01
Last Modified: 04 Sep 2023 04:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10897

Actions (login required)

View Item View Item