PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Anisuari, Reka (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
4. ASBTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (425kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (603kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (211kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih banyaknya peserta didik yang belum mencapai KKM dan belum mampu menguasai teks cerita fantasi. KD 3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi merupakan KD yang harus dicapai dan dikuasai oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian terdapat adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus satu ke siklus dua. Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi siklus satu yang sudah mencapai KKM berjumlah 17 orang (53%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM berjumlah 15 orang (47%). Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi siklus dua pemerolehan nilai peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Hasil uji Wilcoxon, membandingkan ternyata diketahui bahwa nilai Whitung (0) lebih kecil dari pada Wtabel tarafsignifikan (0,01) (126,2) hal ini dapat ditafsirkan bahwa siklus kesatu dan siklus kedua menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur�unsur teks cerita fantasi.Data tersebut menunjukkan hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur�unsur teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:54
Last Modified: 31 Aug 2023 07:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10849

Actions (login required)

View Item View Item