PENGARUH MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

DIANA, SRI (2023) PENGARUH MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (70kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (52kB)
[img] Text
3. Lembar Penguji.pdf

Download (50kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan Keaslian KTI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
5.. Abstrak.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (93kB)
[img] Text
7. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (93kB)
[img] Text
8. Halaman Pribadi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
9. Daftar Isi, Tabel, Gambar, Dan Lampiran.pdf

Download (66kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (144kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (256kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text
16. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media infografis terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif jenis Kuasi Eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol, kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling model Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakankan lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan kemudian akan diuji dengan menggunakan teknik analisis data seperti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media infografis terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan antara hasil posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol, yakni nilai Nilai Sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05 dan nilai Thitung 2.280 > Ttabel57 1.672. Secara keseluruhan hasil perhitungan kemampuan peserta didik kelas eskperimen memperoleh skor 1.961 dengan presentase sebesar 74,28% dan tergolong dalam kategori baik, sedangkan hasil perhitungan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas kontrol memperoleh skor 1.782 dengan presentase sebesar 67,50% dan tergolong dalam kategori cukup. Kata Kunci: Media, Infografis, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:33
Last Modified: 29 Aug 2023 08:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10797

Actions (login required)

View Item View Item