PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X IPS SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2022/ 2023

Maulidan, Aldi Cahya (2023) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X IPS SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2022/ 2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (45kB)
[img] Text
LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di kelas X IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berjenis studi kasus. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh aktivitas situasi sosial terdiri dari tempat penelitian di kelas X IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya, informan (guru mata pelajaran Sejarah Indonesia dan peserta didik kelas X IPS), dan aktivitas penggunaan metode pembelajaran sosiodrama. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan tiga tahapan,yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa latar belakang penggunaan metode sosiodrama adalah guru berkeinginan untuk menambah motivasi dan minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran sejarah. Langkah-langkah penggunaan metode sosiodrama adalah melakukan persiapan sebelum melaksanakan pembelajaran, seperti mempersiapkan perangkat pembelajaran bagi guru, membuat naskah drama, properti, dan melakukan pendalaman peran bagi peserta didik. Hal tersebut terjadi agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan harapan guru. Penggunaan metode pembelajaran sosiodrama memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dan mengeluarkan ide-ide kreatifnya dalam bentuk drama. Penggunaan metode sosiodrama pada pembelajaran dapat menghidupkan kembali peristiwa yang terjadi di masa lalu yang dapat membantu peserta didik dalam menambah imajinasi, pemahaman, berpikir kreatif, dan peserta didik menjadi lebih interaktif ketika melaksanakan pembelajaran. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Sejarah Indonesia, Sosiodrama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:43
Last Modified: 29 Aug 2023 02:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10781

Actions (login required)

View Item View Item