ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS

FITRIANI, ANISA AINUN (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (85kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
05 ABSTRACT.pdf

Download (10kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (46kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
08 DAFTAR TABEL.pdf

Download (30kB)
[img] Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (34kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (34kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
12 BAB II .pdf

Download (375kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (179kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir abstrak peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan logis-matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran skala kecerdasan logis-matematis, tes kemampuan berpikir abstrak, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung berupa lembar skala kecerdasan logis-matematis, dan soal tes kemampuan berpikir abstrak dalam bentuk uraian dengan materi teorema pythagoras. Pengambilan subjek penelitian diambil berdasarkan hasil skala kecerdasan logis-matematis dan hasil tes kemampuan berpikir abstrak. Peserta didik yang paling banyak menjawab soal tes kemampuan berpikir abstrak dengan benar dari setiap kategori kecerdasan logis-matematis, dan mampu mempertanggungjawabkan hasil pekerjaanya serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik diambil sebagai subjek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Peserta didik dengan kategori kecerdasan logis-matematis tinggi mampu menjawab semua soal tes kemampuan berpikir abstrak dengan benar dan memenuhi semua indikator kemampuan berpikir abstrak; (2) Peserta didik dengan kategori kecerdasan logis-matematis sedang belum mampu memanipulasi konsep matematis yang abstrak dan membuat generalisasi; (3) Peserta didik pada kategori kecerdasan logis-matematis rendah hanya mampu memenuhi empat indikator kemampuan berpikir abstrak, meliputi mengidentifikasi karakteristik objek melalui pengalaman langsung, merepresentasikan objek kedalam simbol dan bahasa matematika, melepaskan sifat-sifat kebendaan sebuah objek atau melakukan idealisasi, dan menerapkan konsep pada konteks yang sesuai. Kata kunci: kemampuan berpikir asbtrak, kecerdasan logis-matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 21 Aug 2023 05:29
Last Modified: 21 Aug 2023 05:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item View Item