PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE SEJARAH BERBASIS LEMPAR DADU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Materi Tokoh Proklamator dan Tokoh Sekitar Proklamasi di Kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)

AFIFAH, NADILA EKA NUR (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE SEJARAH BERBASIS LEMPAR DADU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Materi Tokoh Proklamator dan Tokoh Sekitar Proklamasi di Kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (35kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (428kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (242kB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
05 Abstract.pdf

Download (31kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (178kB)
[img] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (42kB)
[img] Text
08 Daftar Tabel.pdf

Download (29kB)
[img] Text
09 Daftar Gambar.pdf

Download (28kB)
[img] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (89kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (544kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (314kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Sejarah Berbasis Lempar Dadu Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia materi Tokoh Proklamator dan Tokoh Sekitar Proklamasi Kelas XI MIPA 7 di SMA Negeri 1 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment dengan rancangan None-equivalent Control Group Desain. Populasi nya yaitu seluruh siswa XI MIPA yang berjumlah 283 siswa, dari populasi tersebut diambil sampel yaitu kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kontrol yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Purpossive Sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa angket dan lembar observasi. Adapun hasil penelitian yang didapat dari kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen nilai rata-rata postest sebesar 73.30. Sedangkan pada kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol nilai rata-rata postest sebesar 64.44. Hasil uji hipotesis yang diperoleh diperoleh sig. (2-tailed) 0,000. Sehingga nilai 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, Sehingga dapat disimpulkan bahwa. Terdapat Pengaruh media pembelajaran Puzzle sejarah berbasis lempar dadu terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi Tokoh Proklamator dan tokoh sekitar proklamasi dikelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Tasikmalaya smester genap tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci : Media pembelajaran Puzzle Sejarah Berbasis Lempar Dadu, Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:55
Last Modified: 16 Aug 2023 03:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10621

Actions (login required)

View Item View Item