PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 CINIRU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2022/2023

LATIFAH, GINA RAHMI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 CINIRU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (53kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.docx.pdf

Download (163kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Lembar Dipertahankan Penguji.pdf

Download (218kB)
[img] Text
04 Abstrak, Abstrack.pdf

Download (35kB)
[img] Text
05 Kata Pengantar.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Ucapan Terimakasih.docx.pdf

Download (89kB)
[img] Text
06 Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Halaman pribadi.pdf

Download (73kB)
[img] Text
07 Bab I Pendahuluan.pdf

Download (123kB)
[img] Text
08 Bab II Tinjauan Teoritis.pdf

Download (137kB)
[img] Text
10 Bab IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan.docx.pdf

Download (172kB)
[img] Text
09 Bab III Prosedur Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
11 Bab V Kesimpulan Dan Saran.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
12 Daftar Pustaka.docx.pdf

Download (34kB)
[img] Text
13 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar pada siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Ciniru. Penelitian ini juga membahas mengenai pengaruh dari media pembelajaran crossword puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah Indonesia di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Ciniru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi ekperimen dengan pretest dan posttest. Dalam penelitian ini peneliti mengambil populasi kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Ciniru, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 69 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas ekperimen XI MIPA 2 dan kelas kontrol XI MIPA 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media crossword puzzle sangat interaktif karena mampu menumbuhkan motivasi belajar pada siswa, terbukti pada kelas XI MIPA 2 yang diberi perlakuan menggunakan media crossword puzzle mendapatkan nilai pretest sebesar 1201 dan nilai posttest sebesar 1710, dan mendapatkan kategori cukup baik, sedangkan kelas XI MIPA 3 tanpa diberi perlakuan mendapatkan nilai pretest sebesar 1202 dan nilai posttest sebesar 1630 dan mendapat kategori cukup baik. Pengaruh penggunaan media crossword puzzle di kelas XI MIPA 2 berdasarkan uji hipotesis menggunakan t-test, nilai sign. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai thitung > ttabel sebesar 11.059 > 1.99, sehingga penggunaan media crossword puzzle berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Crossword Puzzle, Motivasi Belajar, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:05
Last Modified: 10 Aug 2023 08:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10497

Actions (login required)

View Item View Item