Yusuf, Listia Valdiana (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN SERTA MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII MTs. Al-Fadlliyah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (202kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (358kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (352kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (291kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (352kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (168kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (163kB) |
|
Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (164kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (166kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (341kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (433kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (386kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun, pada kenyataanya, peserta didik kelas VIII A MTs Al-Fadlliyah Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas berupa pembelajaran dengan model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII MTs. Al-Fadlliyah tahun ajaran 2020/2021 dalam mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan metode penelitian tekstual dan dilakukan dalam dua siklus. Hasil pengolahan data menunjukan adanya peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik dari siklus kesatu ke siklus kedua. Siklus pertama, pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 15 orang (60%) dan yang mencapai KKM 10 orang (40%). Pada aspek keterampilan, peserta didik yang belum mencapai KKM pun yaitu 15 orang (60%) dan yang mencapai KKM 10 orang (40%). Pada siklus kedua, baik dalam pengetahuan maupun keterampilan, semua peserta didik, yaitu 25 peserta didik (100%) berhasil mencapai KKM. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan Whitung < Wtabel dalam taraf siginifikasi 0,01 (68<89). Artinya, hipotesis tindakan penelitian diterima. Dengan demikian, model pembelajaran Think Tallk Write dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi pada peserta didik kelas VIII A MTs Al-Fadlliyah tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:43 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10428 |
Actions (login required)
View Item |