Noviyani, Via (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS DRAMA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (234kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (200kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (225kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (338kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (223kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (369kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (333kB) |
|
Text
8. DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (326kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (228kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (462kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (541kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (854kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Salah satu komponen penunjang keberhasilan pembelajaran adalah penerapan model pembelajaran yang tepat atau sesuai dengan bahan ajar dan karakteristik peserta didik. Hasil observasi di SMP Negeri 2 Tasikmalaya menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia belum menerapkan model pembelajaran yang cocok dengan bahan ajar. Salah satu model pembelajaran yang belum diterapkan adalah model pembelajaran Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks drama. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sedangkan, teknik penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, gain ternomalisasi yang terjadi sebesar 0,8 pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks drama di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang tinggi. Sedangkan, gain ternomalisasi yang terjadi sebesar 0,7 pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks drama di kelas kontrol menunjukkan peningkatan yaitu sedang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata antara pretest dan posttest dalam kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks drama pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks drama memperoleh nilai yaitu 58,12 dan setelah mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran Jigsaw memperoleh nilai rata-rata posttest yaitu 89,62. Sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks drama memperoleh nilai yaitu 50 dan setelah mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) memperoleh nilai rata-rata posttest yaitu 84,84. Selanjutnya, hasil uji normalitas data semua nilai X hitung lebih besar dari nilai X tabel , menunjukkan bahwa semua data berdistribusi tidak normal dan dilanjutkan dengan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon dari dua kelas antara kelas eksperimen di kelas VIII-J dan kelas kontrol di kelas VIII-K diperoleh hasil W - hitung = 0 < W – tabel = 126,25. Artinya, model pembelajaran Jigsaw efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks drama pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 00:56 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 00:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10415 |
Actions (login required)
View Item |