DESAIN PEMBELAJARAN HIMPUNAN MELALUI CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN GEOGEBRA

SOFWATUNNISA, ALVIRA (2023) DESAIN PEMBELAJARAN HIMPUNAN MELALUI CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN GEOGEBRA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (187kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (219kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (557kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konteks jenis olahraga yang diikuti siswa dan menghasilkan learning trajectory siswa dalam pembelajaran himpunan melalui model pembelajaran creative problem solving berbantuan geogebra. Metode penelitian ini menggunakan Design Research (DR), yang meliputi 3 tahapan: preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Penelitian diawali dengan kajian literatur dan merancang HLT. Rancangan pembelajaran disusun berdasarkan HLT yang selanjutnya diujicobakan melalui 2 tahap, yaitu pilot experiment dan teaching experiment. Analisis retrospektif dilakukan pada masing-masing tahap dengan membandingkan antara HLT awal dengan actual learning trajectory. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi untuk mengamati dan mencatat beberapa hal penting berkaitan dengan aktivitas pembelajaran serta kondisi lingkungan yang terjadi, merekam kegiatan pembelajaran untuk memperoleh data mengenai aktivitas siswa pada saat design experiment, memberikan LKPD sebagai bahan belajar siswa dalam menentukan dan memahami konsep dari himpunan, memberikan soal tes evaluasi serta melakukan wawancara. Penelitian ini dilakukan kepada siswa SMP Negeri 11 Tasikmalaya kelas VII-B pada tahap pilot experiment dan VII-E pada tahap teaching experiment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran konteks jenis perlombaan olahraga yang diikuti siswa dapat membantu mempermudah siswa untuk membangun konsep dasar dalam menentukan operasi himpunan. Selain itu, dihasilkan learning trajectory yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep materi himpunan khususnya operasi himpunan, dengan konteks jenis perlombaan olahraga yang diikuti siswa melalui model pembelajaran creative problem solving berbantuan geogebra. Kata kunci: Design Research, Himpunan, Creative Problem Solving, Geogebra, Learning Trajectory

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:33
Last Modified: 08 Aug 2023 01:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10369

Actions (login required)

View Item View Item