SETIAWAN, VITO ARI (2023) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Terhadap Peserta Didik kelas X dan XI IPS SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
01. Cover.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
03 Lembar Pernyataan.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
04. Abstrak.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
05. Abstract.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
06. Kata Pengantar.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
07. Ucapan Terima Kasih.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
08. Daftar Isi.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
09. Daftar Tabel.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
![]() |
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan implikasinya terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Tasikmlaya. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah sebanyak 207 peserta didik. Berdasarkan hasil peneltian menggunakan Path Analysis ditemukan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan hasil signifikansi 0,218. Sedangkan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan hasil signifikansi 0,002. selanjutnya gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil signifikansi 0,323. Sedangkan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil signifikansi 0,006. Dan untuk motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil signifikansi 0,001. Selanjutnya gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan thitung sebesar 0,969. Sedangkan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan thitung sebesar 2,149. Dari Hasil penelitian diharapkan peserta didik mampu mengenali gaya belajarnya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya. Sedangkan guru dapat menyampaikan materi sesuai dengan gaya belajar peserta didik. bagi peneliti selanjutnya diharapkan mencari variabel lain agar gaya belajar dapat berpengaruh di penelitian selanjutnya. Kata Kunci : Gaya belajar, Lingkungan sekolah, Motivasi belajar, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 01:02 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 01:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |