Setiawan, Adinda Putri Nabiilah (2023) ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN IKAN NILA NIRWANA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (134kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf Download (248kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (197kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (85kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (216kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (301kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (425kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Download (95kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
Text
12. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran, fungsi, biaya, keuntungan, margin pemasaran, farmer’s share, dan efisiensi pemasaran ikan nila. Metode penelitian menggunakan metode survey, penentuan responden dengan snowball sampling terdiri dari 1 orang pedagang besar dan 4 orang pedagang pengecer. Penelitian dilakukan di Cibunigeulis Farm dari bulan Oktober 2022 sampai Juli 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua saluran pemasaran, yaitu: Saluran I: Pembudidaya → Pedagang Besar → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir, Saluran II: Pembudidaya → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang besar di saluran pemasaran I yaitu fungsi pembelian, penjualan, transportasi, penyimpanan, pembiayaan, serta informasi pasar. Pedagang pengecer di saluran I melakukan fungsi pembelian, penjualan, transportasi, pembiayaan, penanggungan risiko serta informasi pasar. Sedangkan untuk fungsi pemasaran yang dilakukan pedagang pengecer di saluran II yaitu fungsi pembelian, penjualan, transportasi, penyimpanan, pembiayaan, serta informasi pasar. Biaya saluran pemasaran I dan II yaitu sebesar Rp2.266,34 dan Rp.2.838,65 Keuntungan saluran pemasaran I dan II yaitu sebesar Rp7.733,66 dan Rp3.161,35. Margin pemasaran saluran I dan II yaitu sebesar Rp10.000 dan Rp6.000. Farmer’s Share pada masing-masing saluran I dan II adalah sebesar 68,75 persen dan 80,65 persen. Saluran I dan II sudah efisien. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Ikan Nila Nirwana.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:38 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:38 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10344 |
Actions (login required)
View Item |