PANGESTU, MUHAMMAD FAWEZ (2023) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (399kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (283kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (54kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (35kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (40kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (38kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (177kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (829kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (96kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (815kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan peserta didik pada materi Segiempat dan Segitiga ditinjau dari kemampuan spasial. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan spasial. Subjek yang diambil adalah peserta didik kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya yang mengerjakan semua indikator kemampuan spasial, melakukan kesalahan, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Diperoleh hasil penelitian: (1) S-5 mengalami kesulitan menggunakan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal pada indikator spatial relation dan spatial orientation ditandai tidak dapat menyusun bangun datar dengan tepat, menentukan ukuran sisi persegi dan persegi panjang yang terbentuk, menemukan kekeliruan, dan memahami soal. Pada pembelajaran di kelas S-5 aktif bertanya, mudah memahami materi jika menggunakan alat peraga, tetapi kurang teliti mengerjakan soal. (2) S-8 mengalami kesulitan menggunakan konsep, prinsip, dan menyelesaikan masalah verbal pada indikator spatial orientation ditandai tidak dapat membedakan istilah panjang dan lebar dari persegi panjang, menentukan ukuran sisi persegi yang terbentuk, menemukan kekeliruan, dan memahami soal. Pada pembelajaran di kelas S-8 aktif bertanya, mudah memahami materi jika disajikan dalam gambar, dan teliti mengerjakan soal. (3) S-24 mengalami kesulitan menggunakan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal pada indikator spatial relation dan spatial orientation ditandai tidak dapat menyusun bangun datar dengan tepat, menentukan ukuran sisi persegi dan persegi panjang, menemukan kekeliruan, dan memahami soal. Pada pembelajaran di kelas S-24 aktif bertanya, mudah memahami materi jika menggunakan alat peraga, tetapi kurang teliti mengerjakan soal. Kata kunci: Analisis, Kesulitan Peserta Didik, Segiempat dan Segitiga, Kemampuan Spasial
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 05:00 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 05:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10336 |
Actions (login required)
View Item |