ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL

PANGESTU, MUHAMMAD FAWEZ (2023) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (283kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (54kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (35kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (40kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (829kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (96kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan peserta didik pada materi Segiempat dan Segitiga ditinjau dari kemampuan spasial. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan spasial. Subjek yang diambil adalah peserta didik kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya yang mengerjakan semua indikator kemampuan spasial, melakukan kesalahan, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Diperoleh hasil penelitian: (1) S-5 mengalami kesulitan menggunakan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal pada indikator spatial relation dan spatial orientation ditandai tidak dapat menyusun bangun datar dengan tepat, menentukan ukuran sisi persegi dan persegi panjang yang terbentuk, menemukan kekeliruan, dan memahami soal. Pada pembelajaran di kelas S-5 aktif bertanya, mudah memahami materi jika menggunakan alat peraga, tetapi kurang teliti mengerjakan soal. (2) S-8 mengalami kesulitan menggunakan konsep, prinsip, dan menyelesaikan masalah verbal pada indikator spatial orientation ditandai tidak dapat membedakan istilah panjang dan lebar dari persegi panjang, menentukan ukuran sisi persegi yang terbentuk, menemukan kekeliruan, dan memahami soal. Pada pembelajaran di kelas S-8 aktif bertanya, mudah memahami materi jika disajikan dalam gambar, dan teliti mengerjakan soal. (3) S-24 mengalami kesulitan menggunakan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal pada indikator spatial relation dan spatial orientation ditandai tidak dapat menyusun bangun datar dengan tepat, menentukan ukuran sisi persegi dan persegi panjang, menemukan kekeliruan, dan memahami soal. Pada pembelajaran di kelas S-24 aktif bertanya, mudah memahami materi jika menggunakan alat peraga, tetapi kurang teliti mengerjakan soal. Kata kunci: Analisis, Kesulitan Peserta Didik, Segiempat dan Segitiga, Kemampuan Spasial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Aug 2023 05:00
Last Modified: 07 Aug 2023 05:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item View Item