MAYASARI, SITA (2023) ROSES BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (150kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (267kB) |
|
Text
03. SURAT KETERANGAN.pdf Download (353kB) |
|
Text
04 PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (104kB) |
|
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (120kB) |
|
Text
06 ABSTRACT.pdf Download (150kB) |
|
Text
07 KATA PENGANTAR.pdf Download (122kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
|
Text
09 DAFTAR TABEL.pdf Download (112kB) |
|
Text
10 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (114kB) |
|
Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (185kB) |
|
Text
12 BAB I.pdf Download (209kB) |
|
Text
13 BAB II.pdf Download (456kB) |
|
Text
14 BAB III.pdf Download (278kB) |
|
Text
15 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
16 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
SITA MAYASARI. 2023. Proses Berpikir Spasial Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Level Berpikir Van Hiele. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir spasial peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari level berpikir Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dipilih melalui tes level berpikir Van Hiele, tes berpikir spasial dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, soal tes level berpikir Van Hiele dan soal tes berpikir spasial. Pengambilan subjek penelitian ini dilakukan dengan cara purposive yaitu peserta didik yang mampu mengerjakan soal tes berpikir Van Hiele secara bertahap dari level 0 sampai level 2, peserta didik yang mampu mengerjakan soal level 0 dan memenuhi kategori kemudian diberikan soal tes level 1, kemudian peserta didik yang mampu mengerjakan soal level 1 diberikan soal level 2 dan dikategorikan menjadi level 0, level 1, level 2 serta peserta didik pada setiap kategori level yang menjawab soal tes berpikir spasial tanpa dilihat benar atau salahnya. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang peserta didik kelas VIII C SMPN 1 Panjalu pada kategori level 0 (visualisasi), level 1 (analisis) dan level 2 (deduksi informal) pada level berpikir Van Hiele. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses berpikir spasial subjek visualisasi didominasi dengan proses akomodasi, sedangkan subjek analisis dan deduksi informal didominasi dengan proses asimilasi, namun subjek visualisasi dan analisis mengalami ketidakseimbangan pada proses berpikir ditandai dengan subjek visualisasi keliru dalam menghitung luas permukaan aula, selain itu keduanya tidak menyimpulkan hubungan yang terbentuk dari perbandingan luas permukaan dan perbandingan volume atap, sedangkan subjek deduksi informal menjawab soal dengan benar sehingga terjadi keseimbangan. Ketiga subjek menggambarkan jaring-jaring bangun ruang dan memberi keterangan dengan tepat dilihat dari visualnya. Dilihat dari proses berpikir spasialnya, berdasarkan level berpikir Van Hiele ketiga subjek dapat menggambarkan suatu objek bangun ruang dengan tepat yang dilihat dari visualnya, namun subjek visualisasi belum mampu memahami sifat dan unsur serta hubungan suatu objek bangun ruang. Subjek analisis dan deduksi informal memahami sifat dan unsur suatu objek bangun ruang, subjek deduksi informal dapat menyimpulkan hubungan antar suatu objek bangun ruang, sedangkan subjek analisis tidak dapat menyimpulkan hubungan yang terbentuk antar objek bangun ruang. Kata kunci: proses berpikir spasial, asimilasi, akomodasi, level Van Hiele
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 07:37 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 07:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10220 |
Actions (login required)
View Item |