RAHAYU, SHANIYAH F (2023) PENGARUH MODEL ELICIT CONFRONT IDENTIFY RESOLVE REINFORCE (ECIRR) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover - Shaniyah F Rahayu.pdf Download (12kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan - Shaniyah F Rahayu.pdf Download (596kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan - Shaniyah F Rahayu.pdf Download (456kB) |
|
Text
4. Abstrak - Shaniyah F Rahayu.pdf Download (224kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar - Shaniyah F Rahayu.pdf Download (121kB) |
|
Text
6. Daftar - Daftar - Shaniyah F Rahayu.pdf Download (195kB) |
|
Text
7. BAB I - Shaniyah F Rahayu.pdf Download (145kB) |
|
Text
8. BAB II - Shaniyah F Rahayu.pdf Download (358kB) |
|
Text
9. BAB III - Shaniyah F Rahayu.pdf Download (456kB) |
|
Text
10. BAB IV - Shaniyah F Rahayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
Text
11. BAB V - Shaniyah F Rahayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA - Shaniyah F Rahayu.pdf Download (255kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN - Shaniyah F Rahayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Shaniyah F Rahayu. 2023. PENGARUH MODEL ELICIT CONFRONT IDENTIFY RESOLVE REINFORCE (ECIRR) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA Hasil studi pendahuluan di salah satu SMA Negeri Kota Tasikmalaya diketahui bahwa kegiatan pembelajaran cenderung berpusat pada guru dengan metode konvensional, sehingga proses yang menunjang peningkatan kemampuan menerapkan konsep peserta didik dinilai kurang. Sebuah model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk melatih dan meningkatkan kemampuan menerapkan konsep perlu diterapkan sebagai solusi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Elicit Confront Identify Resolve Reinforce (ECIRR) berbantuan PhET simulation terhadap kemampuan menerapkan konsep peserta didik pada materi gelombang cahaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 10 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 185 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas sampel dengan masing-masing satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Untuk mengukur kemampuan menerapkan konsep peserta didik dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah diberi perlakuan (post-test) berbentuk pilihan ganda bertingkat dua dengan jumlah soal 25 butir pada materi gelombang cahaya. Masing-masing soal tersebut mencakup indikator kemampuan menerapkan konsep. Penelitian ini menggunakan variabel terikat yaitu kemampuan menerapkan konsep dengan PhET simulation sebagai bantuan untuk memvisualisasikan materi gelombang cahaya. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi ( ) diperoleh nilai lebih besar daripada yaitu 7.85 > 1.671. Artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Elicit Confront Identify Resolve Reinforce (ECIRR) berbantuan PhET simulation terhadap kemampuan menerapkan konsep peserta didik pada materi gelombang cahaya. Kata kunci: kemampuan menerapkan konsep, model ECIRR, PhET simulation, gelombang cahaya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 01:39 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 01:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10185 |
Actions (login required)
View Item |