ROHMATIKA, SUCI (2023) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (52kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (505kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (349kB) |
|
Text
4. ABSTRAC.pdf Download (11kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (72kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (10kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (21kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (8kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (92kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (129kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (390kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
SUCI ROHMATIKA, 2023. HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas XII MIPA SMA NEGERI 8 Kota Tasikmalaya Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi di Kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 174 orang. Sampel penelitian diambil dari kelas XII MIPA 5 sebanyak 36 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu hasil belajar diperoleh dari nilai Penilaian Akhir Semester (PAS), sedangkan untuk mengukur disiplin belajar berupa kuesioner/angket yang terdiri dari 25 pernyataan yang diadopsi dari Slameto. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,867 yang berarti kekuatan korelasi kedua variabel berada pada kategori sangat kuat. Persamaan regresi yang diperoleh Y = - 33,02+2,19*x. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,751. Hal ini menunjukkan bahwa variabel disiplin belajar memberikan kontribusi sebesar 75,1% terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi sedangkan sisanya 24,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi di kelas XII MIPA SMA Ngeri 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Kata kunci: Disipin Belajar, Hasil Belajar, Korelasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 02:54 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 02:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10166 |
Actions (login required)
View Item |